H4L4man™

Tuesday, February 7, 2012

Cerpen

  Diantara batuan rerumputan hijau, senja mendulang jingga.Tak dapat di ungkapan dengan sebuah kata ataupun sebuah kalimat yang tak meyakinkan.Wajahnya meredup sayu,bibirnya pucat pasi oleh aliran penderitaan batin.Jiwanya seakan di renggut paksa oleh malaikat maut yang datang sebelum waktunya.
    Tetes air mata itu seperti sebuah kegagalan dalam arti bukan sebuah keberhasilan yang tertunda.Dinding jantungnya berdegup sayup sayup semakin lama seakan akan berhenti memompa darah  .Tatapanya pun kosong menatap aliran angin yang membawa ilalang berdesak berserakan.Matahari senja pun seakan lumpuh menuju peraduanya.Tak bersemangat seperti biasanya.
    Cinta di renggut dengan rasa terpaksa atas sebuah kata kebahagiaan sepihak.Kini,hatinya seperti tak pernah lagi bernyanyi tentang sebuah simponi.Pangerannya akhirnya telah terlepas oleh perbedaan.Dia seakan buta ,tak pernah lagi di lihatnya malaikat tak bersayap itu yang sebelumnya telah tersesat saat pulang ke surga.Semuanya telah berlalu seperti badai yang telah mengantarkan matahari kembali bersinar.
    Cinta memang adalah hal yang aneh sekaligus terlalu bodoh kalau tak ada pengalaman untuk mengartikannya.Kadang saat cinta itu datang pasti terlalu lama untuk mengantarkanya pulang.Tetapi terlalu cepat pudar  jika cinta itu hanya di dasarkan pada ketertarikan semata.Tapi cinta tak pernah segan segan membuat segalanya begitu rumit,bahkan terlalu jauh dari kesan yang selama ini tak pernah di sangka.

                                ***
    Kisah ini berawal dari sebuah negeri nan jauh di sana laksana di atas awan,sepasang anak kecil berlari mengejar kupu kupu berwarna kuning memantulkan cahaya ke coklatan yang menari nari di saksikan matahari yang tepat diatas kepala. Anak-anak itu terlalu asik dengan kesibukan yang sama. Diantara dua anak itu salah  satunya mempunyai rambut yang ikal sebahu yang masih menggiring rambutya yang tak di kucir di belai oleh angin. Tangan-tangan kecilnya dilambai lambaikan bersama jaring kecil yang di bawanya  kian kemari,berlari-lari,bahkan mengejar-ngejar temanya di depan.Anak yang satu lagi,hanya berusaha berlari menjauhui nya dan bersembunyi pada tumpukan jerami.
    Anak kecil yang bernama Arini itu hanya tertawa kecil saat perembunyiaan lintang terbongkar. Anak tomboy itu lalu menyentuh rambutnya tanda pembalasan atas ulah lintang yang sengaja melepaskan kupu-kupu nya yang telah di tangkap dan di letakkan di sebuah caping yang tertutup.Lintang hanya tersipu malu saat tangan kecil Arini yang 1 tahun lebih muda itu menginjitkan kaki berusaha menggapai tingginya tubuh lintang yang berdiri kekar di depannya. Mereka tertawa bersama-sama duduk diatas tumpukan jerami sambil meyaksikan awan-awan berarak  menanti matahari pergi dari panas yang mengerahkan.Umur anak laki laki itu saat itu masih 11 tahun tapi raut muka nya telah menunjukan jiwa kesatria yang belum tampak dari anak seusianya.

                                ***

    Saat cinta menghela nafas tanda sebuah kerumitan di undang dengan sedikit kepongahan harta.Itulah yang terjadi saat dunia tak menunjukan kesepakan untuk  bersahabat.Uang telah menari-nari di atas sebuah kesetiaan.Cinta masa kecil akhirnya pudar oleh sebuah pemaksaan.Jiwa ini seakan tenggelam oleh kabut.Di arungi oleh sebuah penghianatan tapi bukan madsud menghianati .Tapi apalah sebuah arti kesetiaan munkin itulah anak remaja itu menjawabnya.
                                ***


    “Arini!benarkah kau akan meninggalkanku?”Lintang menghadirkan pertanyaan yang telah di sangka Arini Lintang akan bertanya hal itu
    “Benar,maafkan aku”Sahara telah terlihat berkaca kaca lalu segera beranjak pergi meninggalkanya.
    Lintang yang gugup lalu terungkit kata kecewa dalam dirinya.Hatinya hancur mendengarkan pernyataan Arini yang demikian tak di sangka.Masih teringat 15 tahun suka-dukanya selama ini telah di jalaninya bersama gadis yang penampilanya sedikit berantakan.Tapi itulah Arini yang menurut Lintang gadis itu lebih berarti dari sebuah masalah yang di hadapi nya dengan orang yang baru datang dalam hidupnya mengaku ngaku kalau Lintang adalah anaknya.
    "Ini adalah biang masalah",pikir lintang kembali mengungkit memori yang sebulan yang lalu.Datangnya tuan Joseph dalam kehidupanya adalah akar dari masalah ini.Tapi mengapa tuan Joseph menginginkanya bukanlah dirinya telah dicampakan dan telah di titipkan pada seorang petani bertubuh jankung yang bernama Rahmad?Mengapa dia sekarang datang mengiba supaya anaknya di kembalikan?Bodoh itulah kata pertama yang terbesit di pikiran lintang akan kekesalanya.
    Tak salah lagi saat pulang sekolah di lihatnya tuan Joseph mengobrak abrik rumah Arini dengan beberapa pengawalnya yang bertubuh seperti orang yang akan memperebutkan sabuk emas kejuaraan tinju. Tubuh mereka kekar,ototnya jelas menonjol pada bagian tubuh tertentu. Di  tambah lagi bantinganya terhadap perabotan rumah Arini yang di babat seperti sedang menerobos dinding pada kejuaraan peque prix di spanyol. Lintang langsung naik darah di hampirinya tuan joseph dengan wajah garang seperti seekor singa yang sedang buas buasnya.
    “Tuan Joseph,yang terhormat,apakah anda tak pernah di ajarkan sopan santun oleh nenek moyang anda”
    “Apa,Lintang kau itu anakku dan selamanya kau itu adalah anakku,kau lah yang tidak bersopan santun terhadapku ,Aku...!”kata pak Joseph yang hampirsaja memukul lintang.
    Arini yang melihat percecokan kedua anak beranak itu lalu menengahi pertengkaran
    “Baik lah tuan yoseph ,saya setuju melepaskan nya pergi,tapi anda harus bersedia darah daging anda bahagia"
    ”Uh..tahu apa kau tentang Lintang ,aku ini ayahnya ,aku lebih tahu dia di banding kau.Dan aku bisa membuatnya bahagia”Kata tuan Joseph geram
Mendengar pekataan makhluk yang mulutnya masih menghembuskan cerutu yang besarnya se ibu jari,maka bangkit lah amarah Arini seperti badai padang pasir yang menghempas debu dan kabut.
    “Apa,aku tahu dia aku mengerti dia,aku telah bersamanya selama selama 15 tahun ,aku rasa anda juga  tau itu ,tapi anda tak pernah menemuinya selama ini.Tak memberi makannya atau pun melihatnya pun anda sepertinya tak sudi ,mana munkin anda tau dia ,tapi mengapa anda datang sekarang ini setelah dia telah beranjak remaja?”
Lintang terbelalak melihat orang yang dia kasahi membelanya dengan begitu tulus. Jantungnya seakan bergetar dan berdenyut sampai kenadinya.Tangannya mulai gemetaran .Tapi sangat berbeda dengan Joseph candrawinata dia seakan ingin mengunyah cerutu untuk melepaskan sakit hatinya.
    “Eh…anak muda tak tau diri ,apalah artinya pengalaman dari sebuah pertalian darah”Katanya dengan rasa arogan tingkat tinggi .
    “Saya rasa ,pertalian darah tampa adanya sebuah pengalaman atau pengorbanan itu sama saja bohong,saya anggap pengorbanan yang sesungguhnya itu akan menghasilkan kesan lebih merasa di miliki dari pada orang yang memiliki pertalian darah tapi tak pernah sekalipun berkorban”
    “Tapi”
    “Tuan Joseph,saya tahu seluk beluk anda jadi jangan memuji diri anda lagi”
Lintang terkejut pernyataan Arini,gadis lugu itu menjelma menjadi seorang wanita dewasa yang bijak.Tapi masih terbesit di pikiran Lintang tentang seluk beluk ayah kandungnya yang tak pernah sekali pun di ketahui oleh nya.Di mulai nya berbicara dengan sebuah pertanyaan menantang.
    “Saya akan sudi memanggil mu ayah ,tuan Joseph ,saya akan menuruti segala perintah yang anda berikan ,tapi ada apa sebenarnya pada diri anda ,bolehkah saya mengetahuinya?”lintang gugup lidahnya masih terlihat terbata bata
    “Apa”tuan Joseph kembali menghembuskan asap cerutunya dan mengepul di langit langit atap teras rumah Arini yang bocor
Tak lama Arini menyambar pembicaraan seperti petir siang bolong
    “Ini adalah pertanyaan dari anak anda yang minta penjelasan ,apakah anda berani menjawabnya”Tanya Arini dengan gerak gerik menantang
    “Baiklah saya akan menceritakanya,tapi anda harus memberikan jaminan terhadap saya”
Kali ini sepertinya Arini kehilangan akal ,tapi di lihatnya lintang tampak sangat penasaran terpaksa dengan satu kata di luncurkan hal tak diinginkanya.
    “Saya rela memberikan lintang untuk anda ,dan saya janji saya tak akan pernah mengganggunya lagi.
Kata kata itu seperti telah menghantam Lintang dari belakang.Orang dia cintai telah membuat keputusan yang berarti akan meninggalkanya.Ternyata yang tadi di katakannya di sekolah adalah sebuah fakta yang tidak dapat memputar balikan keseriusan gadis itu.Dan dia tidak pernah berfikir ikrar cintanya yang telah di ucapkan ke gadis itu saat mereka duduk diatas atap rumah saat matahari tenggelam dan di sembut jutaan bintang yang telah menjadi saksi akhirnya pupus sudah seperti tak berbekas.
    "Baiklah,saya akan memberitahukanya nanti setelah saya membawanya”
    “Apakah anda pikir saya bodoh ,saya rasa saya telah memberikan kartu raja saya tak akan melepaskanya dengan pion kau,jadi ceritakanlah sekarang di hadapan pengawal anda dan anak biologis anda tentang siapa anda itu sebenarnya”kata Arini rada rada emosi
    Mata pengawal tuan josep terbalalak ,mereka berhenti mengobrab-abrik segalanya,setelah mereka mendengar perkataan Arini yang telah menyebutkan profesinya.  Tapi lintang tetap menatap Arini dengan perasaan kecewa yang hanyut karena Arini yang telah menjadikanya sebagai bahan taruhan. Tapi terlihat pak Joseph kembali mengingat masa lalu yang tampaknya belum pudar walaupun umurnya telah berumur 40 tahun.
                                ***

    Mulut garangnya itu akhirnya mengucapkan beberapa kata yang selama ini terpendam dan terkubur rapat rapat.Pangakuan nya mengatakan kalau lintang adalah seorang anak yang berasal dari sebuah hubungan terlarang nya bersama seorang wanita yang berumur 17 tahun bernama Yohanna.Yohanna adalah seseorang yang pernah di cintainya tetapi hubungan nya kandas saat Yohanna di vonis hamil oleh seorang dokter kandungan. Cinta putih  itu akhirnya ternoda oleh bercak yang sulit di hilangkan.Tuan Joseph pernah mengambil jalan pintas supaya Yohanna sesegera mungkin melakukan aborsi.Tetapi saat itu pula Johanna menolaknya.Bagaimana pun aborsi adalah suatau tindakan diluar moral yang dianggap sangat memalukan.
     Berita itu seakan menjelma menjadi sebuah aib yang memalukan.Ayah Yohanna seakan geram karena kedudukanya adalah orang penting dalam sebuah kantorpemerintahan.Tapi tanpa kata basa basi akhirnya di usirlah mereka dan akhirnya terdampar pada sebuah lingkungan kumuh.Lingkungan yang mereka tinggalkan sangat lah tidak memungkinkan  untuk melanjutkan kehidupan.Hal itu wajar saja karena mereka terbiasa hidup sebagai raja dan ratu dirumah sebelumnya.Di rumah itu tak pernah akan di temukan pengawal atau pun pembantu yang biasanya di suruh suruh.Mereka harus bisa menerapkan prinsip berdikari atau berdiri di atas kaki sendiri.Karena kini tak ada lagi kursi emas tempat pelepas lelah ataupun sebuah pelayanan raja ratu yang biasanya mereka terima.
    Mula-mulanya Joseph dan Yohanna merasa semua ini adalah takdir yang harus  mereka jalani.Tapi anggapan itu tak berlangsung lama.Joseph mulai berkilah.Arti kesetian yang selama ini di ukir lama ke lamaan berubah jadi bumerang.
    Akhirnya sabtu malam tepat saat itu Yohanna tepat hamil ke -9 bulan joseph mulai mengambil tindakan semberaut.Di kemasi nya semua barang barang nya .Yohanna saat itu masih tertidur dengan detak jantung bayi yang masih dalam kandungannya.Diambilnya langkah pelan terkadang merayap penuh kehati hatian.Wajar saja hunian mereka hanya terbuat dari lantai beralaskan papan tua.Jadi harus pandai pandai menyiasati dan mengambil ancang ancang.
    Setelah kepergian joseph ,Yohanna mulai mempertanyakan arti sebuah kesetiaan yang selalu di agung agung kan .Dia seakan tak dapat lagi bertahan lagi sekarang .Saat 9 bulan 10 hari akhirnya johanna melahirkan bayi itu dengan bantuan dukun beranak yang tinggal di sekitar situ.Anak itu lahir dengan selamat .Bayi itu sangat mirip dengan yoseph hanya sedikit saja meniru keadaan fisik yohanna .Keadaan fisik nya sangat tampan bebeda sekali dengan keadaan pak rahmat yang menjadi ayah angkat Lintang .Memang banyak yang selama ini mempertanyakan status Lintang yang menurut warga kampung itu masih kontroversial.Bahkan ada pula terdengar kabar burung bahwa lintang adalah anak pungut.Tapi tetap saja pak Rahmat dan bu Rahmat selalu membantahnya.
    Bantuan dukun beranak saat itu tidak cukup membantu keaadaan ibu Yohanna saat itu yang tidak terlalu fit melakukan proses persalinan .Saat itu terjadi pendarahan hebat maka pada saat itu pula ibu Yohanna seakan hidupnya akan berakhir seperti itu memberikan titah kepada dukun beranak agar menulis kalimat sbb:
    Anak ini ku beri nama lintang
    Karna nama itu kurasa paing cocok dengan keadaan ku saat ini
    Anak ini akan kutitipkan pada pembantu lamaku yang tak punya anak
    Namanya pak Rahmad
    Terima kasih atas pengorbanannya selama ini
    Aku tahu aku terlalu menyusahkan
                Hormat

                                                                              yohanna

Nafas Yohanna sesak .itu adalah nafas terakhirnya.Tak ada surat warisan yang isi harta benda yang ada hanya lah sepucuk surat tanda hadirnya seorang anak .Tak ada lain.Yohanna seperti tak percaya lagi pada Yoseph yang tak pulang selama 10 hari.Maka disinilah berakhirnya atas nama yohanna .Anak seorang kaya raya tetapi mati di ranjang rusuh dukun beranak.
    3 tahun kemudian yoseph kembali menyusuri tempat kumuh itu lagi .Sekarang dia telah datang dengan mobil sedan berwarna silver mengkilat.Berkaca mata hitam .Tetapi datang dengan maksud menemui Yohanna dan anaknya .Tetapi tak lagi di temukan nya Yohanna sekarang hanya ada seorang wanita separuh baya yang di tinggal mati suaminya .Sebelumnya dia mengira itulah Yohanna .Joseph memang mudah sekali lupa.Bahkan dengan wanita yang pernah dicintainya.
    Masalah itu hanya seperti sebuah memori yang harus dilupakannya.setelah berumur 27 tahun atau 8 tahun setelah kejadian itu joseph menikah dengan seorang wanita hasil dari perjodohan ayahnya.Wanita itu bernama melati. Tapi pernikahan itu sampai sekarang belum di anugrahi 1 orang pun keturunan
    Setelah sekian lama menunggu .Akhirnya timbul ide memamfaatkan kenangan masa lalu.Madsud nya tak lain adalah untuk melanjutkan kepemimpinan perusahanan yang telah sukses didirikannya.Maka mulai saat itu di mulailah tabir pengungkapan keberadaan Lintang.
    Sebenarnya ide itu mulanya di tolak oleh Melati .Tetapi joseph memaksakan kehendaknya agar menerima keputusan itu.Joseph pun mulai mengancam Melati dengan menceraikanya.Tentu saja Melati menolaknya karna dia mencintai Joseph .
    Kini umur lintang menginjak 17 tahun maka timbulah hasrat ingin menemukanya.Maka Joseph menyiasati dengan mengirim tim penyelidik yang telah di sebar di beberapa tempat.Tak lama kemudian dengan biaya yang tidak sedikit akhirnya ditemukan juga tempat keberadaaan Lintang dengan informasi seseorang dukun beranak.
    Akhirnya telah ditemukan keberadaan Lintang.Tak ada kata lain joseph adalah pengecut tapi dengan sosok pahlawan kesiangan

                                ***
    “Ya ,begitulah ceritanya,sekarang tinggal penebusan janjinya”Tuan Joseph kembali mengembuskan asap cerutunya berbentuk lingkaran sempurna.
Mata pengawalnya terbelalak .Walaupun mereka adalah anak buah bayaran tetapi sepertinya mereka masih mempunyai hati nurani.Mereka seakan bodoh membaktikan diri mereka bekerja dengan seseorang yang kejam.Tak pernah disangka tuan Joseph mempunyai masa lalu yang begitu runyam.
    Lintang berkedip.Air matanya jatuh seperti kristal kaca yang telah membasahi pipinya.Dia menangis terisak.Tak biasanya Arini melihatnya seperti ini. Sepengetahuanya Lintang terakhir menangis saat berumur 7 tahun.Saat itu layangan yang di belikan bu rahmad dengan sedikit gaji pertamanya sebagai buruh jahit tersangkut  pada pohon kelapa. Saat itu masih teringat di benak Arini bocah tampan itu tak henti hentinya menangis.Tapi Arini juga tahu bagaimana bu Rahmad mendapatkan uang itu.Arini pernah bertanya mengapa Lintang begitu menjerit dan menangisi itu,tapi Lintang menjawab bahwa untuk itu ibunya harus mengeluarkan tetes darah demi membuat jahitan itu selesai,maklum saja saat itu bu Rahmad adalah seseorang yang rabun dekat.
    Arini menatap pemuda itu dengan mata yang berkaca kaca. Kaca lembab yang bersinar tetapi sedikit demi sedikit akhirnya pecah dari palungnya.Nafasnya sesak melihat Lintang begitu terpukul oleh itu. Tapi sebenarnya Arini merasa lega karena rahasia ini akhirnya terbongkar sudah dan itu berarti tuan Joseph tak lagi menganggap dirinya sebagai manusia paling sempurna.
    “Lintang ,sang penakut pada darah. Jangan menunduk lagi ,hapus air matamu ,tak ada artinya kau menangis disini,ada yang ingin kau katakan katakan lah”
Mendengar kata Arini itu Lintang bersimpuh. Kakinya seakan lumpuh .Matanya sayu oleh air mata yang menumpuk .Di pegang nya kaki tuan Joseph
    “Tuan,maaf sangat susah aku memanggilmu ayah,diriku tak punya sedikit pun kesudian atas itu,kau benar benar seorang ayah yang memiliki kesempurnaan kekejaman”Lintang terbata ,perkataanya telah bercampur dengan tangis yang terisak-isak.
    Pak........suara tamparan joseph telah mendarat pada pipi Lintang yang sembab .Rona wajahnya langsung memerah. Lintang langsung bangkit.
    “Beginikah?beginikah,kau memperlakukan anakmu yang kautinggalkan bersama seseorang yang tak kau kenal.Ibu ku ,ibu Yohanna pun tak akan sudi memiliki pendamping seperti mu .Mengapa saat aku besar kau malah memamfaatkanku.Selama ini kau tak pernah memupukku menjadi seseorang yang baik.Tapi mengapa ?mengapa sekarang kau malah datang untuk memetik hasilnya”Lintang menantang dengan raut wajah yang lembab
    “Tak ada waktu lagi,pengawal,bawa dia ke mobil.kita telah kehabisan waktu”Joseph mengalihkan pertanyaan
Kata joseph langsung di tanggapi pengawalnya,dan Lintang pun ditarik dari tempatnya.
    “Lintang ,Lintang”Arini menarik tangan Lintang .
Akhirnya tangan Lintang pun lepas dan Lintang dibekap masuk ke dalam mobil semuanya telah mamasukinya.
    Arini merajut tangis saat Lintang tak satupun mengucapkan kata perpisahan terakhir.Hanya tatapan mata Lintang penuh harap seakan mengatakan suatu perpisahan terakhir .Laju mobil semakin jauh .Arini pun sadar di kejarnya mobil itu tapi semakin lama semakin jauh .Akhirnya langkah Arini berhenti setelah mobil itu tak tampak lagi,di lambainya tanganya kearah jauh sekali dilihatnya sekarang dia telah sampai pada tempat yang tak asing lagi baginya.Inilah adalah tempat pertama dia bertemu Lintang dan tempat bermain dalam pengembaraan kupu kupu.
                                END

No comments:

Post a Comment